Jumat, 08 Juni 2012

Renungan Hari Ke 22 Ramadhan

MEMBINA FIKIR DAN ZIKIR
Oleh Drs. St. Mukhlis Denros



Di bulan Ramadhan ini sudah banyak taujih, petuah agama, pengajian dan khutbah yang kita dengarkan dalam berbagai kesempatan, ada kuliah subuh, pengajian tarawih, pesantren kilat, khutbah jum'at hingga ceramah kocak di televisi, yang seharusnya sudah banyak ilmu dan pengetahuan agama yang kita peroleh dari sarana itu, semakin banyak ilmu semakin banyak amal ibadah yang bisa kita lakukan karena tiada artinya ilmu tanda diamalkan.

Kita kini berada di hari keduapuluhdua Ramadhan, puasa tidak lagi jadi masalah karena hal itu sudah biasa dilakukan, rasanya kita siap menghadapi kalau setiap hari bulan yang kita lalui adalah Ramadhan, sebagaimana sabda Rasul,"Seandainya manusia tahu bahwa begitu banyaknya keutamaan Ramadhan maka mereka akan meminta agar setiap waktu adalah Ramadhan".

Di bulan Ramadhan kita dilatih pula untuk berfikir atas fenomena yang terjadi dari waktu yang kita lalui, kejadian alam yang nampak sehingga dapat dikatakan "Alam takambang jadi guru", fikir yang sempurna akan melahirkan zikir kepada Allah, kedua hal ini tidak bisa dipisahkan, orang yang berfikir akan jadi hamba yang berzikir dan keampuhan zikir akan membentuk ummat yang berfikir.


Landasan mutlak orang yang beriman untuk berpuasa di bulan Ramadhan yaitu surat Al Baqarah 2;183 dan ayat 185 ,”Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa, beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan...siapa diantara kamu hadir di negeri tempat tinggalnya dibulan itu maka hendaklah dia berpuasa pada bulan itu”.

Menjelang bulan Ramadhan Rasululah pada suatu hari berdiri menghadap kiblat dan dengan penuh kerendahan hati di hadapan Allah memohon keberhasilan dalam bulan suci Ramadhan dengan mengatakan,”Ya Allah, jadikanlah fajarnya bagi kamu kedamaian, keyakinan dalam iman, keselamatan, penyerahan, kelimpahan rezeki, kekebalan diri dari penyakit, pembacaan Al Qur’an serta bantuan dalam bulan Ramadhan dan yakinkanlah iman kami di dalamnya, dan janganlah kiranya ia berlalu tanpa keampunan”.

Apa saja tugas dan kewajiban seorang muslim dipersada bumi ini tidak menghalangi dia untuk mentaati Allah yang merupakan salah satu dari lima rukun islam yang disyariatkan pada tahun kedua hijriyah sesudah turunnya perintah shalat dan zakat, pelaksanaannya dilakukan pada bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Puasa dalam bahasa Arab disebut As Shaum atau shiyam, yang berarti ”menahan” yaitu menahan diri dari sesuatu perbuatan seperti makan, minum, berbicara, tidur dan bersetubuh dengan isteri semenjak waktu terbit fajar sampai waktu terbenam matahari karena mengharapkan ridha Allah dan menyiapkan diri untuk bertaqwa kepada-Nya dengan jalan mentaati dan melatih kemauan dari godaan hawa nafsu.


Puasa bagi seorang muslim mengandung tiga arti yaitu;
1. Arti moral; puasa akan mengingatkan manusia akan kemaha kuasaan Allah dan bahwa segala sesuatu berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya, termasuk hari-hari yang dilaksanakan denan sia-sia. Itu akan membentuk perasaan-perasaan manusiawi dan akan menguatkan imannya serta kekuatan kemauannya.

2. Arti sosial; statistik telah membuktikan bahwa selama bulan Ramadhan ini, persengketaan dan kejahatan menurun. Orang yang berpuasa akan menahan situasi lapar, lalu dia akan tergugah untuk menolong orang-orang fakir miskin. Oleh karena itu maka perbedaan-perbedaan klasik itu akan berkurang. Dalam dunia, lapar menjadi suatu problem yang paling penting, puasa dapat merupakan salah satu jalan terbaik untuk mempersempit jurang antara sikaya dan si miskin.

3. Arti kesehatan; teranglah bahwa penimbunan lemak tubuh menjurus kepada banyak macam penyakit. Dengan demikian maka puasa adalah salah satu diet yang bagus bagi jasmani dan konstruksi badan dapat beristirahat selama satu bulan.

Ramadhan adalah bulan yang mulia karena dibulan ini allah mencurahkan berkah, rahmat dan maghfirahNya, mengajarkan kaum muslimin untuk menjadi sama rata diantara sesamanya dan memperkuat persatuan diantara mereka. Keagungan bulan Ramadhan karena dibulan ini mengandung suatu malam yang lebih baik dafri seribu bulan, pada malam ini penuh berkah Allah.

Pada bulan ini Allah menurunkan petunjuk bagi manusia yaitu berupa pedoman hidup yang disebut dengan Al Qur’an, membedakan antara yang baik dan yang buruk serta menunjukkan jalan kedamaian dan kebahagiaan yang abadi bagi ummat manusia untuk selama-lamanya. Karena demikianlah maka malam saat risalah Ilahi itu mula pertamanya diwahyukan patut mendapat kehormatan yang besar, Jibril turun dengan perintah Allah untuk memenuhi ketetapan-Nya.

Apabila seseorang berpuasa dan shalat serta berdoa pada bulan ini sebagaimana yang diajarkan dan dilaksanakan oleh nabi dapatlah ia mengatakan yang sebenarnya seperti yang dinyatakan dalam surat Al An’am 6;162,”Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”.

Keagungan Ramadhan bukan sekedar sejarah dan khazanah dalam islam tapi harus melakukan sesuatu didalamnya dengan berpuasa dan menambah amaliyah ibadah sebagai bekal hidup di akherat. Keagungan Ramadhan adalah kemurahan Allah bagi manusia yang berfikir dan berzikir. Berfikir; dia mempelajari apa yang terkandung di dalam Ramadhan, berzikir; dia menumpuk amal sebanyak-banyaknya, hasil Ramadhan akan terpadu antara fikir dan zikir maka itulah dia ulul albab.

Berhasil atau gagalnya Ramadhan ini tergantung kepada kita semua untuk memanfaatkan momen yang sangat strategis untuk membina fikir dan zikir, membentuk jasmani dan rohani yang seimbang sehingga target taqwa yang dicanangkan Allah dapat kita raih; semoga ini menjadi motivasi bagi kita dalam rangka menghidupkan Ramadhan, wallahu a’lam [Harian Mimbar Minang Padang, 21122000].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar