Selasa, 17 April 2012

Muslimah Menggugat Emansipasi


Armin Pane mengumpulkan surat-surat Kartini dengan titel “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Sebenarnya kalimat itu berasal dari surat Al Baqarah ayat 257 minadz dzulumati ilannur, keluar dari kegelapan [jahiliyah] menuju cahaya [Islam].
Demikian ungkapan Thamrin Abbas BK dalam diskusi panel ”Fungsi dan Kedudukan Wanita dalam Melanjutkan Cita-Cita Kartini” di kampus Sekolah Menengah Pekerja Sosial [SMPS] Solok, jum’at 14 April 1995

Muslimah Ideal
Berbicara pada kesempatan pertama, dosen IAIN Imam Bonjol Padang itu, membawa peserta untuk membuka lembaran sejarah yang pernah diukir oleh wanita-wanita muslimah dizamannya yang sebelumnya ia mengemukakan bagaimana kelam dan rusaknya kedudukan wanita sehingga dianggap sebagai pembawa malapetaka, yang memasukkan lelaki ke dalam neraka jahanam, demikian pendapat non muslim. Bahkan seorang tokoh Barat pernah melontarkan pendapat bahwa wanita itu adalah makhluk nomor dua atau makhluk yang belum selesai. Marthin Luther, seorang penganjur besar dari Protestan, telah sengaja membongkar habis-habisan segala macam bid’ah dan khurafat dalam agama Katolik sangat merendahkan derajat wanita.

Sebelum Islam datang [jahiliyah], wanita diperlakukan lebih kejam lagi. Mereka dikubur hidup-hidup. Dikisahkan seorang sahabat ketika jahiliyah dia pernah mengubur putrinya. Dia ajak anak itu ke suatu tempat dengan riangnya sambil bercanda-canda dalam perjalanan. Sesampainya di sebuah lubang yang telah dipersiapkan, sang ayah berkata, “Wahai anakku, lihatlah ke lubang ini, alangkah indahnya”, sang anak menjawab “Mana ayah, saya juga ingin melihatnya”, ketika kepala sang anak sampai di tepi lubang,dengan cepat sang ayah mendorongnya ke lubang itu. Raungan tangis sang anak menyentak nurani sang bapak. Tapi dia harus tetap melakukan penguburan karena tuntutan adat. Walau jiwanya tak membenarkan.

Walau demikian, buram kusamnya,masa lalu wanita, terdapat beberapa tokoh yang patut diteladani seperti kisah anak gadis Nabi Syu’aib. Alumni IAIN Imam Bonjol ini selanjutnya menjelaskan bagaimana sucinya putri Nabi Su’aib yang tak mau berbaur dengan laki-laki.dia sangat tahu batas-batas pergaulan laki-laki dan perempuan.

Asiyah adalah isteri Fir’aun yang tak mengakui keberadaan Fir’aun sebagai Tuhan. Keimanannya yang mendalam mengatakan bahwa Tuhan itu hanya Allah. Walaupun hidup dalam istana dengan kemewahan yang menggiurkan, dia lebih suka memohon kepada Allah agar dimasukkan ke dalam syurga-Nya. Konsekwensi dari keimanan Asiyah kepada Allah dan pengingkarannya kepada Fir’aun akhirnya dia harus dipancung oleh suaminya sendiri.

Ibunda Khadijah adalah tipe wanita yang siap mengorbankan harta dan jiwanya demi tegaknya da’wah Rasulullah Saw, dalam salah satu perbincangan dengan Rasulullah beliau berkata, ”Wahai Khadijah apakah kau bersedih karena hartamu telah habis untuk berda’wah ?” Khadijah menjawab, ”Ya Rasulullah, aku sedih bukan karena hartaku habis tapi karena tidak ada lagi yang harus aku berikan di jalan Allah, wahai suamiku, seandainya nanti aku telah wafat sedangkan engkau mengalami kesulitan untuk menyeberangkan da’wahmu ke seberang, maka engkau galilah kuburku, lalu sambung-sambunglah tulangku, jadikanlah sebagai jembatan”, demikian hebatnya pengorbanan ibunda Khadijah untuk menegakkan isalm ini, ungkar panelis yang lahir di Kampar tahun 1969 ini meyakinkan peserta diskusi panen yang diadakan pertama kali di SMPS Solok.

Pada akhir ceramahnya Thamrin Abbas mengungkapkan idealnya wanita muslimah yaitu ; pertama,wanita muslimah itu adalah wanita yang memiliki aqidah yang kuat, pemahamannya tentang rukun iman sesuai dengan yang dikehendaki Allah, sebagai mana seorang anak gadis di zaman Khalifah Umar bin Khattab yang tidak mau melakukan mencampur susu murni dengan air walaupun disuruh ibunya dengan maksud supaya memperoleh keuntungan ganda dalam dagang. Kedua, wanita muslimah itu adalah wanita yang tahu dengan syariat islam secara kaffah, maksudnya pemahaman tentang syariat bukan sekedar shalat, puasa, zakat dan haji. Jangan sampai seorang muslimah ketika shalat mau dan mampu untuk menutup aurat tapi ketika di luar membuka aurat sehingga tidak bisa kita membedakan apakah dia seorang muslimah atau non muslim, hal ini terjadi karena memahami islam itu hanya secara parsial.

Lebih jauh lagi pimpinan Pesantren Tinggi Al Mukarramah Sumatera Barat ini mengungkapkan, jangan sampai terjebak dengan emansipasi yang salah kaprah, yang diperjuangkan Kartini bukanlah emansipasi yang dituntut oleh wanita-wanita sekarang tetapi emansipasi yang sesuai dengan fithrah, kodrat dan kesucian wanita, sebenarnya dalam Islam telah diangkat harkat dan martabat wanita itu sesuai dengan kodratnya.

Salah satu akibat negatif dari emansipasi adalah tidak terurusnya rumah tangga karena suami-isteri sudah sama-sama mengejar dan mengumbar hawa nafsunya dengan dalih emansipasi, maka akan lahirlah keluarga ”ARISAN”- ayah repot ibu sibuk anak nakal.

Pembicara kedua tampillah Dra. Irda Lifzarni yang menguraikan tentang apa saja yang dituntut oleh Karatini, siapa sebenarnya Kartini dan bagaimana keberadaannya sebagai muslimah.

Kartini dan Tuntutannya
Pembicara kedua ini adalah isteri dari Thamrin Abbas yang sengaja didatangkan oleh panitia untuk menyampaikan ceramahnya pada diskusi panel kali ini yang keseluruhan peserta adalah akhwat. Pada awal pembicaraannya, dia menyampaikan bagaimana gugatan Kartini terhadap keberadaan wanita yang dinomorduakan dari lelaki. Kartini menuntut agar wanita juga diberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan sebagaimana lelaki, dia juga mendobrak benteng adat yang sangat jauh dari nilai-nilai Islam, manusia diukur dari status sosial atau keningratan, persamaan hak dalam perlakuan antara lelaki dan wanita yang diketahui Kartini asalnya dari semboyan Revolusi Perancis. Kartini ingin melepaskan diri dari segala bentuk keningratan sebagai ajaran dari adat.

Jebolan IKIP Padang yang sedang mengandung lima bulan ini menegaskan, kalau Kartini yang kita peringati setiap tahunnya dan kita sebagai wanita mengakui perjuangannya dan dia berhasil melepaskan dirinya dari bentuk keningratan sementara kita tidak menentang keningratan-keningratan baru dalam bentuk titel, jabatan dan ekonomi. Bahkan sebagian besar dari kita menjadi pemujanya, kalau tidak boleh dikatakan menjadi abdinya yang setia dan siap untuk menjadi korbannya. Kartini berkata dalam surat yang dikirimkannya kepada Stella 18 Agusus 1899;” Bagi saya hanya ada dua macam keningratan; keningratan fikiran [fikrah] dan keningratan budi [akhlak]. Tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya dari pada melihat orang membanggakan asal keturunannya. Apakah sudah berarti beramal shaleh orang yang bergelar Graaf atau Baron ? Tidak dapat dimengerti oleh fikiranku yang picik ini.”

Yang jelas, tegas Uni Ir panggilan akrab panelis, emansipasi yang diperjuangkan oleh Kartini bukan sebagai pesaing lelaki tapi mitra lelaki, sebab bagaimanapun juga keberadaan lelaki dan wanita sama-sama melengkapi yang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari beberapa surat Kartini tergambar bahwa dia adalah seorang muslimah yang baik dan ingin menjadi muslimah yang taat hanya kepada Allah, tapi orang-orang yang berada di sekitarnya berusaha mempengaruhi Kartini seperti Nyonya Abendanon, Atellah dan Snock Hogrunye serta Dr Adriani seorang pendeta yang bertugas menyebarkan agama Kristen di tengah suku Toraja, Sulawesi Selatan. Orang-orang inilah yang berusaha untuk memerangi pemikiran Kartini agar jauh dari fikrah islami dan mengingkari ajaran Islam.

Kartini suatu ketika mendapat kesempatan mempelajari Al Qur’an bukan sekedar membacanya tapi juga mengartikan serta memahami isi kandungan Al Qur’an melalui pengajian Kiyai Shaleh Darat, tapi sayang sang kiyai Darat cepat meninggal dunia. Kalau saja Kartini sempat mempelajari keseluruhan ajaran Islam maka tidak mustahil ia akan menerapkan semaksimal mungkin semua hal yang dituntut Islam terhadap kemuslimahannya [termasuk jilbab].

Saat mempelajari Al Islam lewat Al Qur’an terjemahan berbahasa Jawa itu, Kartini menemukan dalam surat Al Baqarah ayt 257 bahwa Allahlah yang telah membimbing orang-orang yang beriman dari gelap kepada cahaya [minazh zhulumaati ilan nuur]. Rupanya Kartini terkesan dengan kata-kata minazh zhulumati ilan nuur yang berarti dari gela kepada cahaya. Hal ini karena Kartini merasakan sendiri proses perubahan dirinya, dari pemikiran jahiliyah kepada pemikiran hidayah.

Kalau sebelum Kartini mengenal Islam dia selalu menyanjung keberadaan Barat, tai setelah nur kebenaran Islam masuk ke dalam kalbunya, maka sikapnya terhadap Barat mulai berubah sebagaimana komentarnya kepada Ny E.E Abendanon;, ”Sudah lewat masanya, tadinya kami mengira bahwa masyarakat Eropa itu benar-benar satu-satunya yang paling baik, tiada taranya. Maafkan kami, tetapi apakah itu sendiri menganggap masyarakat Eropa itu sempurna ? Dapatkah ibu menyangkal bahwa dibalik hal yang indah di dalam masyarakat ibu terdapat hal-hal yang sama sekali tidak patut disebut peradaban?”

Dalam menutup uraiannya sang panelis berkata, ”Emansipasi yang datang dari Barat pada hakekatnya bukanlah tuntutan untuk persamaan hak tetapi kehancuran peradaban manusia yang tidak sesuai dengan kodrat dan fithrahnya, Islam sudah cukup dan sudah membuka emansipasi sebelum kata emansipasi itu muncul ke permukaan”.

Respon Peserta
Diskusi panen itu diikuti lebih dari 200 orang yang terdiri dari pelajar putri, mahasiswi dan guru-guru wanita. Acara dimulai jam 09.00-15.30 dikurangi makan, shalat dan istirahat. Resfon dari peserta cukup bagus terbukti dengan banyaknya tampil berbagai pertanyaan dan usulan-usulan. Yang jelas acara ini bukan sekedar memperingati hari Kartini, selain itu menambah wawasan keislaman kepada akhwat terutama tentang peran wanita untuk melanjutkan cita-cita Kartini, bagaimana ghirah islamiyah Kartini masa depan menghadapi tantangan hidup. [Mukhlis Denros, majalah Ishlah, nomor 41/ Tahun III, 1995].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar